FASAÂD (فَسَادٌ=KERUSAKAN)

Posted: Oktober 25, 2012 in belum didentifikasikan

Kata Fasâd berasal dari kata kerja dasar fa-sa-da (فَسَدَ=berbuat kerusakan) yang dalam Al-Qur’an dengan berbagai derivasinya terulang sebanyak 50 kali.  Dalam ilmu bahasa Arab kata fasâd فَسَادٌ)) berarti keluar atau menyimpang dari keseimbangan atau kelurusan, baik sedikit ataupun banyak. Artinya, kalau sudah keluar, menyimpang, atau menyalahi dari batas kelurusan atau keseimbangan, maka itu berarti sudah terjadi kerusakan. Dalam Al-Qur’an kata fasâd (فَسَادٌ) diperlawankan dengan kata ash-Shalâh (أَلصَّلاَحُ) dan al-Ishlâh (اَْلإِصْلاَحٌ) yang berasal dari kata kerja dasar shaluha (صَلُحَ)  berarti memelihara keseimbangan. Kerusakan dalam hal ini meliputi kerusakan fisik material dan kerusakan psikhis immaterial.

Dalam Al-Qur’an, kata fasâd (فَسَادٌ=kerusakan) digunakan dalam berbagai konteks, di antaranya:

1) Kerusakan terjadi di langit dan di bumi, kalau ada yang mengatur selain Allah. (Q.S. Al-Anbiya’ [21]:22). Kalau pengatur langit dan bumi serta seisinya ini lebih dari satu, maka kebijakan yang ditetapkan oleh keduanya akan bertentangan. Pertentangan ini akan menghilangkan keseimbangan dan keteraturan proses peredaran dan perjalanan kehidupan bumi, langit dan seisinya. Hilangnya keseimbangan inilah yang namanya kerusakan.  Dari sini bisa dipahami bahwa menganut kepercayaan politeisme yang bertentangan dengan tauhid keesaan Allah (monoteisme) adalah merupakan kerusakan.

2) Memperturutkan keinginan hawa nafsu dengan mengalahkan kebenaran adalah kerusakan. (Q.S. Al-Mu’minun [23]:71). Kebenaran adalah sesuatu yang sudah pasti dan tidak berubah-ubah. Dan inilah hakekat keseimbangan dan kelurusan yang sebenarnya. Sementara hawa nafsu adalah kecenderungan kepada sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu yang didorong oleh daya syahwat. Maka menolak kebenaran apalagi mengalahkan atau menundukkan kebenaran dengan berdasarkan pada selera dan keinginan hawa nafsu berarti menghilangkan keseimbangan. Hilangnya keseimbangan inilah yang dinamakan kerusakan.

3) Mengubah isi kitab yang diwahyukan dari Allah adalah kerusakan. (Q.S. Al-Isra’ [17]:4). Wahyu yang diturunkan Allah kepada para nabi yang dituangkan dalam kitab-kitab suci tujuan utamanya adalah untuk menjadi pedoman dan petunjuk hidup dan kehidupan manusia. Hidup dengan berdasarkan pada pedoman dan petunjuk tersebut berarti menjaga dan memelihara keseimbangan dan kelurusan. Yang menyebabkan terjadinya keseimbangan adalah aturan dan pedoman yang berupa wahyu dalam kitab suci itu. Maka merubah isi kitab adalah sama dengan merubah aturan dan pedoman yang pada akhirnya menghilangkan keseimbangan hidup dan kehidupan manusia. Dan inilah namanya kerusakan.

4) Membunuh, baik manusia maupun lingkungannya yang terdiri atas flora dan fauna, merampok, memprovokasi orang-orang kafir untuk memusuhi dan menantang orang-orang Islam adalah merupakan kerusakan. Manusia dan seluruh lingkungannya yang terdiri atas flora dan fauna merupakan suatu sistem kehidupan. Memutuskan apalagi membunuh dan menghancurkan lingkungan hidup tersebut, dan lain-lain, adalah suatu perbuatan yang pada gilirannya akan menghilangkan keseimbangan dan keteraturan sistem hidup dan kehidupan itu. Dengan hilangnya keseimbangan ini, maka itulah kerusakan.

Oleh karena itulah, al-fasâd ( اَلْفَسَادُ=kerusakan) seperti dikemukakan di atas dalam Al-Qur’an selalu diperlawankan dengan ash-Shalâh (اَلْصَلاَحُ) yang berarti upaya memelihara dan menjaga keseimbangan. Larangan berbuat kerusakan di muka bumi dalam Al-Qur’an adalah meliputi secara fisik material, yaitu membunuh manusia dan merusak lingkungan hidup flora dan fauna, dan secara non-fisik immaterial, seperti melanggar peraturan yang telah ditetapkan, lebih-lebih menentangnya dan merubah sesuai selera hawa nafsu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s